The content presented here requires JavaScript to be enabled and the latest version of the Macromedia Flash Player. If you are you using a browser with JavaScript disabled please enable it now. Otherwise, please update your version of the free Flash Player by downloading here

penjelasan tentang bandwidth!

Ini ditulis dengan baik penjelasan mengenai bandwidth, info sangat berguna.


BandWidth
Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan berbagai macam pilihan bandwidth dalam rencana mereka. Jadi apa yang sebenarnya bandwidth yang berkaitan dengan web hosting? Secara sederhana, bandwidth adalah jumlah traffic yang diijinkan terjadi antara situs web Anda dan sisanya dari internet. Jumlah bandwidth sebuah perusahaan hosting dapat menyediakan ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik itu internal menuju pusat data mereka dan eksternal ke internet publik.


Konektivitas Jaringan

Internet, dalam istilah yang paling sederhana, adalah kelompok dari jutaan komputer yang terhubung oleh jaringan. Ini koneksi di dalam internet bisa besar atau kecil tergantung pada pengkabelan dan peralatan yang digunakan pada lokasi internet tertentu. Ini adalah ukuran dari tiap koneksi network yang menentukan seberapa banyak bandwidth tersedia. Misalnya, jika Anda menggunakan koneksi DSL untuk terhubung ke internet, Anda memiliki 1.54 Mega bits (Mb) bandwidth. Oleh karena itu bandwidth diukur dalam bits (sebuah 0 atau tunggal 1). Bits dikelompokkan dalam bytes yang membentuk kalimat, teks, dan informasi lainnya yang ditransfer antara komputer Anda dan internet.

Jika Anda memiliki koneksi DSL ke internet, anda memiliki dedicated bandwidth antara komputer Anda dan penyedia internet Anda. Tetapi internet provider anda mungkin memiliki ribuan koneksi DSL ke lokasi mereka. Semua agregat koneksi pada internet provider anda yang kemudian memiliki dedicated connection tersendiri untuk internet (atau beberapa sambungan) yang jauh lebih besar daripada koneksi tunggal Anda. Mereka harus memiliki bandwidth yang cukup untuk melayani kebutuhan komputasi Anda serta semua pelanggan mereka yang lain. Jadi sementara Anda memiliki koneksi 1.54Mb ke penyedia internet, penyedia internet Anda mungkin memiliki koneksi 255Mb ke internet sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan anda dan hingga 166 pengguna lain (255/1.54).


Lalu lintas

Sebuah analogi yang sangat mudah digunakan untuk mengerti tentang bandwidth dan traffic adalah dengan berpikir jalan raya dan mobil. Bandwidth adalah jumlah jalur di jalan raya dan lalu lintas adalah jumlah mobil di jalan raya. Jika Anda hanya mobil di jalan raya, Anda dapat melakukan perjalanan sangat cepat. Jika Anda terjebak di tengah-tengah jam sibuk, Anda mungkin berjalan sangat lambat karena semua jalur sedang digunakan.

Lalu lintas hanyalah jumlah bit yang ditransfer pada koneksi jaringan. Hal ini paling mudah untuk memahami contoh lalu lintas menggunakan. Satu Gigabyte adalah 2 pangkat 30 (1,073,741,824) bytes. Satu gigabyte sama dengan 1.024 megabyte. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, diperlukan satu byte untuk menyimpan satu karakter. Bayangkan 100 file cabinet dalam sebuah gedung, masing-masing lemari menyimpan 1000 folder. Setiap folder memiliki 100 kertas. Setiap kertas berisi 100 karakter - Sebuah GB adalah semua karakter dalam gedung. Sebuah lagu MP3 adalah tentang 4MB, lagu yang sama dalam format wav adalah sekitar 40MB, film panjang lengkap bisa 800MB untuk 1000MB (1000MB = 1GB).

Jika Anda adalah untuk mentransfer MP3 lagu ini dari situs web ke komputer Anda, Anda akan menciptakan 4MB lalu lintas antara situs web Anda men-download dari dan komputer Anda. Tergantung pada koneksi jaringan antara web site dan internet, transfer dapat terjadi sangat cepat, atau bisa memakan waktu jika orang lain juga men-download file pada saat yang sama. Jika, misalnya, situs web Anda download dari memiliki koneksi 10MB ke internet, dan Anda adalah satu-satunya orang yang mengakses situs web untuk men-download MP3, file 4MB Anda akan menjadi lalu lintas hanya pada situs web. Namun, jika tiga orang semuanya mendownload yang MP yang sama pada waktu yang sama, 12MB (3 x 4MB) lalu lintas telah dibuat. Karena dalam contoh ini, host hanya memiliki 10MB bandwidth, seseorang akan harus menunggu. Peralatan jaringan di perusahaan hosting siklus akan melalui setiap orang yang mendownload file dan mentransfer sebagian kecil pada waktu sehingga transfer file setiap orang dapat terjadi, tetapi transfer untuk semua orang yang mendownload file akan lebih lambat. Jika 100 orang semuanya berkunjung ke situs dan mendownload MP3 pada saat yang sama, transfer akan sangat lambat. Jika host ingin mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk men-download file secara bersamaan, itu bisa meningkatkan bandwidth dari koneksi internet mereka (dengan biaya karena upgrade peralatan).


Hosting Bandwidth

Pada contoh di atas, kita mendiskusikan traffic dalam kaitannya dalam mendownload sebuah file MP3. Namun, setiap kali Anda mengunjungi situs web, Anda sedang menciptakan lalu lintas, karena untuk melihat bahwa halaman web pada komputer Anda, halaman web pertama di download ke komputer Anda (antara situs web dan anda) yang kemudian ditampilkan menggunakan software browser (Internet Explorer, Netscape, dll). Halaman itu sendiri hanyalah sebuah file yang menciptakan lalu lintas seperti file MP3 dalam contoh di atas (bagaimanapun, sebuah halaman web biasanya jauh lebih kecil daripada file musik).

Sebuah halaman web mungkin sangat kecil atau besar tergantung pada jumlah teks dan jumlah dan kualitas gambar yang terintegrasi di dalam halaman web. Sebagai contoh, halaman rumah untuk CNN.com adalah sekitar 200KB (200 Kilobytes = 200.000 bytes = 1.600.000 bit). Hal ini biasanya besar untuk sebuah halaman web. Sebagai perbandingan, Yahoo home page sekitar 70KB.


Berapa Banyak Bandwidth Apakah Cukup?

Itu tergantung (jangan kau benci menjawabnya). Tetapi sebenarnya, itu tidak. Karena bandwidth adalah penentu signifikan dari rencana harga hosting, Anda harus meluangkan waktu untuk menentukan seberapa banyak yang tepat untuk Anda. Hampir semua paket hosting memiliki kebutuhan bandwidth diukur dalam bulan, jadi Anda perlu memperkirakan jumlah bandwidth yang akan dibutuhkan oleh situs Anda secara bulanan

Jika Anda tidak berniat untuk menyediakan kemampuan download file dari situs Anda, rumus untuk menghitung bandwidth cukup jelas:

Rata-rata harian Pengunjung x Tampilan Halaman Rata-rata x Page Ukuran Rata-rata x 31 x Fudge Factor

Jika Anda berniat untuk mengizinkan orang untuk men-download file dari situs Anda, perhitungan bandwidth Anda harus:

[(X Rata-rata harian Pengunjung Tampilan Halaman Rata-rata Ukuran Halaman Rata-rata x) +
(Rata-rata harian Download File x Rata-rata Ukuran File)] x 31 x Fudge Factor

Mari kita periksa setiap item dalam rumus:

Rata-rata Pengunjung Harian - Jumlah orang yang anda harapkan untuk mengunjungi situs Anda, secara rata-rata, setiap hari. Tergantung pada bagaimana anda memasarkan situs Anda, jumlah ini bisa dari 1 sampai 1.000.000.

Tampilan Halaman Rata-Rata - Rata-rata, jumlah halaman web yang Anda mengharapkan seseorang untuk melihat. Jika Anda memiliki 50 halaman web pada situs web Anda, orang rata-rata hanya dapat melihat 5 halaman tersebut setiap kali mereka kunjungi.

Rata-rata Ukuran Halaman - Ukuran rata-rata halaman web anda, dalam Kilobyte (KB). Jika Anda telah dirancang situs Anda, Anda dapat menghitung ini secara langsung.

Rata-rata harian Download File - Jumlah download yang Anda harapkan terjadi di situs Anda. Ini adalah fungsi dari jumlah pengunjung dan berapa kali pengunjung downloads file, rata-rata, setiap hari.

Rata-rata Ukuran File - Rata-rata ukuran file file yang di-download dari situs Anda. Mirip dengan halaman web Anda, jika anda sudah tahu file mana yang bisa didownload, anda dapat menghitung ini secara langsung.

Fudge Factor - Sejumlah lebih besar dari 1. Menggunakan 1,5 akan aman, yang mengasumsikan bahwa estimasi Anda tidak aktif sebesar 50%. Namun, jika Anda sangat tidak yakin, Anda bisa menggunakan 2 atau 3 untuk memastikan bahwa kebutuhan bandwidth Anda lebih dari terpenuhi.

Biasanya, paket hosting menawarkan bandwidth dalam hal Gigabytes (GB) per bulan. Inilah sebabnya mengapa rumus kita memakan rata-rata harian dan mengalikan mereka dengan 31.


Ringkasan

Sebagian besar situs bisnis pribadi atau kecil tidak akan membutuhkan lebih dari 1GB bandwidth per bulan. Jika Anda memiliki situs web yang terdiri dari halaman web statis dan Anda harapkan lalu lintas ke situs Anda sedikit setiap hari, pergi dengan rencana bandwidth rendah. Jika Anda pergi ke jumlah bandwidth yang dialokasikan dalam rencana Anda, perusahaan hosting anda bisa mengenakan biaya atas biaya penggunaan, jadi jika Anda berpikir lalu lintas ke situs Anda akan signifikan, Anda mungkin ingin pergi melalui perhitungan di atas untuk memperkirakan jumlah bandwidth yang diperlukan dalam rencana hosting.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Quick_note. Powered by Blogger